Rabu, 21 November 2007

SOFWARE PEMBUAT JADWAL MENGAJAR


Di setiap sekolah kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun pelajaran baru atau setiap semester adalah membuat/mengatur/menyusun jadwal pelajaran. Diperlukan keseriusan dalam pembuatannya. Kalau tidak teliti bisa di komplain rekan guru yang akan mengajar. Lebih rumit lagi kalau kelasnya cukup banyak dengan guru kurang memadai.

Selama ini menyusun jadwal pelajaran dilakukan secara manual. Meskipun bisa saja sedikit lebih maju dengan menggunakan program spreadsheet semacam excel. Masih kurang praktis memang. Mungkin bisa saja dibuat dengan menggunakan logika-formula yang disedikan program tersebut. Kalau tidak berpengalaman repot juga membuat logikanya. Bersyukur saya memperoleh link untuk software yang bisa memudahkan pembuatan jadwal pelajaran ini.


Setahun yang lalu saya menjelajah dan mendapatkan program pembuat jadwal yang praktis dan otomatis ascTimeTable namanya। Konsepnya adalah membuat mudah pengguna dengan menyediakan GUI dalam penyusuunan jadwal. Hanya diperlukan sedikit belajar untuk memahami cara penggunaanya. Tapi jangan khawatir ada tutorial berbahasa indonesia pula. Anda juga bisa download panduannya disini


Created by Iskandar, S.Pd, M.Pd



Tidak ada komentar: